Walang/Belalang yang diolah oleh warga adalah jenis belalang kayu. Belalang jenis ini banyak hidup di dahan pohon jati dan semak belukar yang banyak terdapat di sekitar kawasan Gunungkidul. Biasanya penduduk mengolah belalang goreng menjadi 3 varian rasa, yaitu rasa gurih, pedas dan manis.

Untuk mengolah walang goreng menjadi lauk yang lezat rupanya tidak terlalu rumit, bumbu yang digunakan cukup sederhana, yaitu ketumbar, garam dan bawang putih. Tinggal tambahkan beberapa cabai untuk mendapatkan rasa pedas.

Belalang yang lebih banyak ditemukan ketika musim penghujan membuat harga belalang goreng dalam kemasan toples di musim penghujan lebih murah daripada harga pada musim kemarau. Pada musim kemarau, harga satu toples walang goreng adalah IDR 30.000, sedangkan dimusim penghujan harganya adalah IDR 20.000.

Olahan belalang goreng dapat bertahan selama kurang lebih satu bulan. Oleh karena itu, makanan ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara ataupun orang tercinta jika anda berlibur ke Gunungkidul.

Bagi anda yang tidak memiliki alergi terhadap makanan berprotein tinggi, anda wajib untuk mencicipi kuliner ekstrim khas Gunungkidul ini. Tidak perlu khawatir akan kebersihan makanan olahan ini, karena belalang goreng diolah dengan sangat hati hati, duri-duri yang menempel pada kaki belalangpun sudah disingkirkan sehingga anda tidak akan merasa terganggu ketika menyantapnya. Jeroan dan kotoran belalangpun pastinya juga sudah dibersihkan agar tidak menimbulkan rasa pahit saat dimakan.

Selain itu, makanan ini diolah tanpa menggunakan bahan pengawet, dan sangat terjaga kehigienisannya sehingga aman untuk dikonsumsi. Walaupun rasanya yang gurih dan renyah mampu membuat banyak orang ketagihan, tetapi sebaiknya berhati-hati bagi anda yang memiliki alergi terhadap makanan berprotein tinggi. Mencicipi belalang goreng dapat menyebabkan gatal-gatal dikarenakan tingginya kandungan protein yang dimiliki belalang.

Cara Membuat Olahan Belalang

Bahan-bahan :

  1. Belalang
  2. Bumbu belalang goreng :
  3. Bawang putih
  4. Garam
  5. Ketumbar
  6. Sambel korek :
  7. Bawang putih
  8. Cabe rawit
  9. Garam
  10. Pelengkap :
  11. Kemangi
  12. Belalang goreng:
  13. Belalang
  14. Bawang putih
  15. Garam
  16. Ketumbar
  17. Sambel korek :
  18. Bawang putih
  19. Cabe rawit
  20. Garam
  21. Pelengkap :
  22. Kemangi

Langkah-Langkah :

  1. Haluskan bahan bumbu untuk belalang goreng tambahkan air masukkan belalang yg sdh dibersihkan n dicuci rendam sebentar sampai bumbu meresap dan goreng sampai garing

  2. Buat sambel koreknya, ulek bawang putih, cabe rawit n garam kemudian geprek belalang goreng di atas sambel korek, tambahkan kemangi…siap dinikmati dengan nasi hangat.

Leave a Reply